Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Minut; Semoga Bermanfaat

0
12
Jokowi saat meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Minut

BASUDARA.NEWS, Minut—Presiden RI H. Ir Joko Widodo meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (19/1/2023).

Dalam peresmian tersebut Jokowi didampingi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda.

Jokowi mengatakan, fungsi Bendungan Kuwil sangat penting dalam meminimalisasi banjir, menjadi penyedia air bagi pertanian dan sumber kelistrikan. Apalagi, kata Jokowi, Manado pernah dilanda banjir besar dengan kerugian mencapai triliunan rupiah.

Mega proyek Bendungan Kuwil Minut tuntas

“Bendungan Kuwil Kawangkoan ini dibangun dengan anggaran Rp1,9 triliun. Mari kita jaga bersama, dan semoga ini dapat memberi manfaat bagi daerah sekitarnya,” terang Jokowi, yang berada di Bendungan Kuwil Kawangkoan.

Sementara itu, Direktur Bendungan dan Danau Dirjen SDA Kementerian PUPR Airlangga Mardjono mengatakan, daya tampung Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara ini mencapai 26,89 ton dan dapat mereduksi banjir, ada lokasi wisata, penyedia air baku bagi Manado Minut dan Bitung. “Bendungan ini dibangun setelah terjadinya banjir di Manado tahun 2014 sehingga fungsi utama bendungan ini untuk mereduksi banjir,” tandasnya.(kyp/bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here