UNIMA Buka RPL Bagi Calon Mahasiswa yang Punya Pengalaman Kerja

0
265
Apa itu RPL, cari tahu di UNIMA

BASUDARA.NEWS, Tondano—Sudah bekerja dan ingin lanjut studi ? Ayo ikuti Program RPL. Apa itu RPL?

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) merupakan pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi atau akumulasi pengalaman kerja.

Universitas Negeri Manado (UNIMA) menyelenggarakan RPL yang bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa memperoleh pengakuan sebagian satuan kredit semester/berdasarkan pembelajaran dan/atau pengalaman masa lampau. Pembelajaran dan/atau pengalaman masa lampau yang bisa diakui dapat berasal dari pendidikan nonformal, informal, karya, prestasi, sertifikasi, dan/atau dari pengalaman kerja.

“Tujuan Program RPL adalah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk belajar sepanjang hayat melalui pendidikan formal pada jenjang Pendidikan Tinggi serta mendorong masyarakat yang terputus kuliahnya atau tidak dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tetapi memiliki pengalaman kerja dan kompetensi relevan untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi (Sarjana maupun Magister). Penyelenggaran RPL secara umum dilakukan dalam dua tahap yaitu proses asesmen dan rekognisi,” ungkap Rektor UNIMA Prof Deitje Katuuk.

“UNIMA dalam pelaksanaan RPL menerima mahasiswa yang sudah bekerja, dan menerima pengganti mata kuliah lewat sertifikat atau ketrampilan yang sesuai. Program RPL UNIMA ini selain ada pengurangan mata kuliah, masa studi, dan mendapat tambahan biaya (subsidi),” tambah Rektor.

Ingin kuliah melalui jalur RPL ? Bisa melakukan registrasi melalui website/link ini 👇http://rpla.kemdikbud.go.id/index.php/site/index

Ada Bantuan Subsidi Biaya Kuliah 1 Semester sebesar Rp. 2.400.000.

(VR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here