Animo Peserta Antusias, Anak Muda Sulut Siap Ciptakan Inovasi Digital

0
2
Startup digital hentak Sulut secara luring yang perdana dilakukan

BASUDARA.NEWS, Manado—Pelaksanaan kegiatan Roadshow Gerakan Nasional #1000StartupDigital wilayah Sulawesi Utara kembali diselenggarakan pada Kamis (11/05/23) di Gedung Mapalus, Kantor Gubernur Manado.

Acara ini merupakan peluncuran kegiatan Roadshow pertama yang diadakan secara luring di wilayah Hub 12: Sulawesi Utara setelah beberapa periode yang lalu pelaksanaanya masih dilakukan secara daring. Berjalan dengan tema “Inovasi Digital Dalam Membangun Sulawesi Utara”, kegiatan ini menjadi langkah awal dalam memperkenalkan ‘apa itu startup’ serta menanamkan pola pikir kewirausahaan di Sulut. Kegiatan Roadshow ini mencakup tiga topik utama yaitu: Pengenalan Startup, Pengalaman Membangun Startup Digital, dan Potensi Pengembangan Startup di Daerah.

Roadshow tersebut menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya. Seperti Koordinator Pusat Pengembangan dan Pelatihan Teknologi Informasi UNSRAT Yaulie Rindengan, Kepala Perwakilan BI Sulut Andry Prasmuko, CEO Satu Tampa Patrice Sagay hingga Senior Vice President Corporate Communication Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang. Dengan dimoderatori oleh presenter Kompas TV Devis Pinontoan.

Pembukaan startup digital di Sulut


Dengan berhasil diikuti oleh lebih dari 700 peserta yang didominasi oleh anak muda, acara ini juga menjadi sarana membangun relasi strategis dengan para individu kreatif yang kedepannya diharapkan dapat menjadi mitra bersama dalam membangun startup, sekaligus mengambil bagian dalam menggerakan ekosistem digital di Sulut.

“Kementerian Kominfo selaku fasilitator dan enabler; bukan lagi sebagai regulator lagi, kami melihat bahwa potensi digital di Sulawesi Utara maupun di Indonesia terus berkembang, dan kita terus menyiapkan potensi-potensi yang ada,” jelas Muhammad Faisal selaku Sub Koordinator Bidang Pengembangan dan Kerjasama Startup Digital.

Ia menambahkan bahwa Direktorat Pemberdayaan Informatika telah menyiapkan 2 program utama (Literasi Digital dan Startup Digital Technopreneur) untuk menyiapkan SDM yang ada di Indonesia.

“Tidak hanya membangun infrastruktur tapi juga talentanya. Kami berharap teman-teman di Sulut bisa memanfaatkan program ini untuk eskalasi pengembangan diri kalian,” ajak Faisal.

Dengan kesuksesan acara yang diraih oleh tim Regional Office wilayah Sulawesi Utara, Lady Giroth selaku Program and Partnership Manager, optimis bahwa pelaksanaan rangkaian kegiatan #1000startupdigital setelah ini akan dapat berjalan dengan baik, dan juga dapat menjangkau lebih banyak masyarakat serta anak muda yang memiliki potensi yang kaya akan inovasi dalam menciptakan solusi digital dari permasalahan yang ada.

Kesuksesan perhelatan Roadshow Gerakan Nasional #1000StartupDigital wilayah Sulawesi Utara 2023 tidak lepas dengan banyaknya partisipasi dan kolaborasi aktif dari seluruh ecosystem partner yang ada, yaitu: Command Center ODSK Pemprov Sulut, Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Sulawesi Utara, Himaju Ekonomi Pembangunan UNSRAT, BEM Fakultas Teknik UNSRAT, BEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSRAT, Google Developer Student Club (GDSC) UNKLAB, Insan Pariwisata Indonesia (IPI) Sulawesi Utara, UNSRAT IT Community (Unity), Himpunan Mahasiswa Farmasi (Himafar) UNSRAT, Badan Eksekutif Mahasiswa UTSU, Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (Himaian) UTSU, Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer (APTIKOM) Sulut, Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (Himatektro) UTSU, HImpunan Mahasiswa Komunikasi (Himakom) UTSU, HIPMI Sulut, Creator SULUT, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), Kelompok Studi Pasar Modal (ESTOC) UNSRAT, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen UNSRAT, Detik Manado, Reportase, Kotamanado, Sulutimes, Berita Manado, Paguyuban KSE UNSRAT, Pers Acta Diurna UNSRAT, JNE Manado, dan PMII Metro Manado.(kyp/bsn/**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here