Pecahkan Rekor, 800 Lebih Mahasiswa Unima Ikut Roadshow Dari 1000 Startup Digital Sulut

0
2
Roadshow 1000 Startup Digital Sulut

BASUDARA.NEWS, Manado—Gerakan Nasional #1000StartupDigital Hub 12: Sulawesi Utara sukses menggelar Roadshow Online yang ketiga kalinya di tahun 2023. Upaya ini terus dilakukan untuk menjangkau seluruh masyarakat yang ada di Sulut dengan memberikan wawasan menarik tentang dunia startup dan pola pikir kewirausahaan bagi peserta kegiatan.

Perhelatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Universitas Negeri Manado melalui platform Zoom Meeting, dengan dihadiri oleh lebih dari 800 peserta mahasiswa dari jurusan teknologi dan bisnis. Hal ini merupakan rekor yang membahagiakan yang memberi arti bahwa kegiatan yang dilaksanakan secara daring tidak kalah ramai dengan kegiatan luring. Adapun para peserta mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti sesi panel yang dihadiri oleh: Miftachur Robani, CEO Lindungi Hutan; Patrice Sagay, CEO Satu Tampa; dan Quido Kainde, Sekjen Aptikom, dengan dipandu oleh Lady Giroth, Program and Partnership Manager Hub 12 sebagai Moderator.

“Kegiatan ini merupakan rangsangan global untuk para mahasiswa, dimana para mahasiswa ditantang untuk menjadi seorang wirausaha yang mampu memberikan solusi digital atas permasalahan yang ada di sekitar,” ungkap Prof. Dr. Orbanus Naharia, M.Si. mewakili Rektor Unima, Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd dalam pemberian sambutan pembuka.

Sambutan yang sangat ramah disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik tersebut senada dengan antusias yang meriah oleh para mahasiswa yang mengikuti kegiatan. Miftachur, CEO Lindungi Hutan juga turut bersemangat dalam memberikan pemaparan pada sesi panel. Ia mengakui bahwa Roadshow #1000StartupDigital Unima merupakan kegiatan yang sangat interaktif, berbeda dengan kegiatan lain yang serupa dimana para peserta mahasiswa masih pasif dan malu untuk berinteraksi.

Pada kesempatan panelis pertama, Miftachur menjelaskan perbedaan antara Startup dengan UMKM. “Startup berorientasi pada inovasi yang utamanya bertujuan untuk skalabilitas, sedangkan UMKM mengejar stabilitas,” jelasnya.

Dari pengalaman membangun startup, ia membagikan cerita tentang sejarah pribadinya dalam merintis startup. Kunci dari membangun startup adalah harus keberanian: berani untuk memulai dan berani untuk mengambil resiko, jangan terlalu banyak mencintai ketakutan untuk memulai dan kenyamanan yang membuat pribadi absen dari menciptakan pertumbuhan. Dalam kalimat penutupnya, ia mengajak para peserta mahasiswa yang ada untuk berani untuk memulai dan alokasikan cinta yang ada dalam diri masing-masing untuk hal yang berguna dalam membangun daerah.

Terkait poin membangun daerah, Patrice selaku Founder dan CEO Satu Tampa: Startup Ecosystem Builder di Indonesia Timur bercerita mengenai dampak yang ia dan Satu Tampa ciptakan bagi daerah. “Terdapat 3 Pilar yang dimiliki oleh Satu Tampa, yaitu Connect, Create, dan Catalyze”, hal ini menjadi sebuah upaya yang sangat penting bagi pembangunan startup di daerah. Satu Tampa memberikan dukungan bagi para perintis dalam membangun koneksi dengan pemerintah, praktisi, dan juga para mentor ahli, serta mensupport pelaksanaan kegiatan serupa, seperti Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan Sulawesi Utara.

Pemaparan yang sangat insightful selama 45 menit juga diiringi dengan interaksi tanya jawab dengan para mahasiswa Unima yang hadir. Lady Giroth, Program and Partnership Manager Hub 12 berharap dari adanya kegiatan Roadshow ini dapat membuka wawasan peserta tentang dunia startup dan memunculkan semangat untuk membangun startup digital yang mampu untuk memecahkan masalah yang ada di lingkungan sekitar.(bsn/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here