Pertama di Kota Cakalang, Roadshow 1000 Startup Digital Bitung Langsung Gandeng Juru Bahasa Isyarat

0
27

Roadshow Startup di Kota Bitung

BASUDARA.NEWS, Bitung—Masih gencar dengan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Regional Officer Manado Kementerian KOMINFO menggelar Roadshow di Kota Bitung. Dihadiri oleh Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri hingga Direktur Pemberdayaan Informatika KOMINFO RI, roadshow yang dilaksanakan Kamis (29/7/2021) ini berlangsung kurang lebih  selama 120 Menit, sejak pukul 10.00 Wita melalui Platform Zoom Meeting.

Ada yang berbeda dari Roadshow kali ini, dimana Regional Officer Manado menghadirkan Juru Bahasa Isyarat, Chira yang juga merupakan perwakilan dari Komunitas Kaleb yang berperan besar bagi teman-teman disabilitas di Kota Bitung.

“Bahwa kontribusinya sebagai juru bahasa isyarat dalam roadshow kali ini bertujuan supaya teman-teman disabilitas (tuli) juga bisa mengenal dunia startup dan dapat bersaing dengan teman-teman yang lain,” terang Chira.

Sementara, Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri, MM dalam sambutanya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menyelenggarakan kegiatan yang diharapkan dapat memaksimalkan potensi daerah serta memberikan pemerataan peluang kewirausahaan berbasis digital.

Selain didukung Pemkot Bitung, Kemenkominfo RI juga menunjukkan dukungannya melalui kehadiran Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo RI, Bonifasius Wahyu Pudjianto mengapresiasi penuh Gerakan 1000 Startup di Kota Bitung dan mengaku senang dan berterima kasih kepada Regional Officer Manado karena untuk pertama kalinya Roadshow menghadirkan Juru Bahasa Isyarat.

Sebagai bentuk dukungan penuh Pemerintah Kota Bitung, Benny Lontoh selaku asisten II Pemda menyuguhkan materi terkait membangun startup dalam dunia pemerintahan khususnya di daerah. “Membangun startup dalam pemerintahan daerah sangat penting dan bermanfaat, karena akan berdampak pada peningkatan layanan masyarakat dan bisa menghilangkan kendala birokrasi dari segi jarak dan waktu,” tutur Benny.

Lady Giroth selaku Regional Officer Manado mengiyakan hal ini, karena pada dasarnya unsur dari pentahelix yang salah satunya adalah pemerintah, berperan penting dalam membangun ekosistem ekonomi melalui startup.

Dr Drs Audy RR Pangemanan, AP, MSi Koordinator Akademi Komunitas Logistik Bitung/BLCC juga memberi pandangan kepada para peserta terkait pembangunan startup di Kota Bitung dari bidang logistik. “Banyak sekali aspirasi dari muda-mudi Bitung yang turut bergabung dalam Roadshow ini, diantaranya ada Michella Irawan yang adalah Nexus Indonesia Outreach Ambasador, sebagai darah asli Bitung dirinya mengharapkan agar para Nelayan Bitung dapat menjadi nelayan Milenial yang tidak hanya berpikir untuk “berburu” melainkan juga memperhatikan SDA di Bitung sehingga ekosistem SDA tetap berotasi dengan baik,” ungkap Pangemanan.

Tidak Ketinggalan, Combyan Lombongbitung juga menyampaikan aspirasinya agar unsur Pentahelix dapat bahu membahu demi membangun Kota Bitung, karena tujuan utama komunitas berdiri adalah untuk membangun kota Bitung.

Menutup Roadshow Bitung, Leyne Sagay selaku Regional Officer yang juga bertindak sebagai MC menyampaikan bahwa membangun bisnis digital tidak memerlukan latar belakang khusus, hanya memerlukan ide, dan kemauan untuk belajar, serta kemauan untuk berkolaborasi. Karena tanpa kolaborasi atau tanpa semangat sitou timou tumou tou, semua tidak akan berjalan dengan baik. “Ini adalah langkah awal yang baik, kami sangat menantikan antusias peserta untuk mendaftar dalam tahapan program ini, yang akan dibuka di akhir bulan Agustus nanti,” tutup Leyne.

(VR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here