Menarik, Masyarakat Manado Antusias Ikuti Kick Off Literasi Digital UTSU

0
10
Kick Off Literasi Digital antara Pemprov Sulut dan UTSU

BASUDARA.NEWS, Manado—Pelaksanaan Kick Off Literasi Digital yang diinisiasi oleh Universitas Teknologi Sulawesi Utara dan bekerja sama dengan Kemenkominfo RI dan Pemerintah Daerah Sulawesi Utara diselenggarakan, Rabu (17/05/23) di Ruangan CJ Rantung, Kantor Gubernur Manado.

Acara ini merupakan peluncuran Program Literasi Digital yang akan dilaksanakan di 6 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan ini akan berlangsung selama beberapa bulan ke depan.

Diawali sambutan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik, dan Persandian Pemprov Sulut Evans Steven Liow, S.Sos, M.M, selanjutnya oleh Direktur Pemberdayaan Informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Bonifasius Wahyu Pudjianto diwakili oleh Ketua Literasi Digital Sektor Pendidikan Bambang Tri Santoso, dan diakhiri oleh Rektor Universitas Teknologi Sulawesi Utara Ruano Senduk yang diwakili oleh Wakil Rektor I BIdang Akademik Universitas Teknologi Sulawesi Utara Drs. Frans Lompoliuw, MM. Kegiatan ini menjadi langkah awal dalam memperkenalkan Program Literasi Digital serta Berbagi Ilmu mengenai Digitalisasi.

Evans Steven Liow, S.Sos sempat menjelaskan sedikit mengenai Digital Culture, Sulawesi Utara lagi betul – betul difokuskan untuk transformasi digital, bahkan kita sudah dapat digolongkan sebagai Pemerintahan Provinsi yang berbasis Digital kita mendapat penghargaan untuk itu, sayangnya tidak diikuti oleh daerah di tingkat bawah. “Pak Gubernur meminta kami merancang untuk menuju Smart Province dan lahirlah aplikasi Sulut Info, dan kita juga membangun infra dan suprastruktur untuk mendorong Bumdes betul-betul bisa mengelola internet desa dan aplikasi desa,” ucap beliau.

“Ada Program baru dari Kominfo yaitu Pandu Digital, ini sebuah fasilitator untuk pendamping masyarakat. Sekarang jumlah Pandu Digital sudah ada 21.000 yang sebagian besar adalah dosen dan mahasiswa yang tersebar dari Aceh Sampai Papua. Dan mereka akan mendampingi masyarakat di beberapa sektor, mungkin ini juga In Line dengan jurusan yang ada di kampus UTSU,” jelas Bambang Tri Santoso dalam sambutannya.

Keseruan belajar digitalisasi yang diikuti para peserta

“Kita Harus meningkatkan keterampilan digital masyarakat agar mereka dapat membuat banyak konten yang edukatif, kreatif, dan tentunya tidak menimbulkan perpecahan diantara masyarakat. Semua stakeholder yang ada harus dapat berkolaborasi bersatu padu terlibat secara aktif untuk dapat membuat masyarakat yang ada semakin melek dan cakap digital,” ucap Drs. Frans Lompoliuw, M.M dalam menyampaikan sambutan oleh Rektor UTSU.

Setelah kata sambutan, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Evans Steven Liow, S.Sos dengan Universitas Teknologi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Drs. Frans Lompoliuw, M.M, serta penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Direktorat Pemberdayaan Informatika oleh Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan, Bambang Tri Santoso dengan Universitas Teknologi Sulawesi Utara, oleh Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Humas, I.S Sutarto Widodo.

Pada sesi diskusi panel ini mencakup tiga topik utama yaitu: Etika Digital, Keamanan Digital, dan Kecakapan Digital. Adapun dalam acara tersebut menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya. Seperti Founder @kotamanado Piet Hein Pusung S.STP, M.Si di akhir materinya beliau menyampaikan Kita semua memiliki kesempatan untuk menciptakan dunia digital yang sehat, gunakan sosial media secara bijaksana.
Selanjutnya Narasumber yang kedua adalah Dosen sekaligus Koordinator Literasi Digital Universitas Teknologi Sulawesi Utara Lady Giroth, S.S, M.Si, M.Pd, yang menegaskan pada akhir materi beliau “Mari kita bijak menggunakan internet agar supaya bermanfaat.”
dan narasumber terakhir yang merupakan Ketua Program Studi Teknik Elektro Universitas Teknologi Sulawesi Utara Fernando Dotulong S.Kom, M.M, mengingatkan “Jagalah jejak digital kita agar selalu baik, dan gunakanlah jejak digital untuk masa depan kita yang lebih baik.” Sesi diskusi berlangsung dengan dimoderatori Kepala Program Studi Manajemen Universitas Teknologi Sulawesi Utara Oliviane Oroh S.Pd, M.Pd, serta MC oleh Akademisi Universitas Teknologi Sulawesi Utara Nelfiani Kaurow S.STpar, S.T.

Acara ini diikuti oleh 150 peserta secara Offline dan juga diikuti secara online lewat zoom dan live di YouTube Pemprov Sulut dan UTSU. Acara ini juga menjadi ajaran serta pedoman bagaimana kita sebagai pengguna Smartphone menggunakan dunia Digital mengetahui Etika, Keamanan, serta Kecakapan dunia Digitalisasi, sekaligus mengambil bagian dalam menggerakan ekosistem digital di Sulut.

Kesuksesan Kick Off Literasi Digital Universitas Teknologi Sulawesi Utara tidak lepas dengan partisipasi dan kolaborasi yaitu: Command Center ODSK Pemprov Sulut, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI), dan Universitas Teknologi Sulawesi Utara (UTSU). (kyp/bsn/**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here